Penyakit yang Bisa Ditularkan Hewan Peliharaan

Daftar Penyakit yang Bisa Ditularkan Hewan Peliharaan Anda

Memiliki hewan peliharaan memang bisa menjadi hiburan tersendiri ketika menghabiskan waktu di rumah. Namun, apakah hewan yang anda pelihara sudah terbukti secara klinis dan medis tidak memiliki penyakit?

Anda harus lebih rajin lagi merawat dan menjaga hewan peliharaan yang anda miliki, pasalnya ada berbagai macam penyakit yang bisa ditularkan dari hewan peliharaan dan tentunya sangat membahayakan bagi manusia. Bahkan, beberapa diantaranya mampu membuat cacat kandungan.Penyakit yang Bisa Ditularkan Hewan Peliharaan

Mau tahu penyakit apa saja yang bisa ditularkan hewan peliharaan? Berikut informasi lengkapnya.

  1. Rabies

Penyakit rabies secara umum ditularkan oleh beberapa hewan liar, seperti rubah, kelelawar dan rakun. Selain itu, ada satu hewan peliharaan yang disinyalir dapat menimbulkan penyakit rabies yaitu Anjing. Penyakit rabies sendiri biasanya ditularkan melalui air luar.

Menurut Centers for Disease Control and Provention (CDC), penyakit rabies memiliki gejala yang hampir sama dengan flu, yaitu sakit kepala, tidak enak badan dan deman. Gejala seperti ini akan dialami penderita selama beberapa hari dan bisa menyebabkan halusinasi, insomnia dan delirium.

  1. Kurap / Ringworm

Hewan yang kerap kali menularkan penyakit kurap atau ringwon adalah anjing dan kucing yang masih berusia muda. Penyakit seperti ini disebabkan oleh jamur yang akan membuat kulit bersisik dan menimbulkan ruam berwarna merah dengan bentuk melingkar.

Proses penularan penyakit ini bisa melalui beberapa media, seperti sentuhan langsung dengan hewan yang terinfeksi, menyentuh bahan yang digunakan oleh hewan (seperti handuk atau selimut hewan) dan tanah/lantai yang digunakan oleh hewan untuk membuang air.

  1. Lyme

Pada dasarnya, penyakit lyme tidak bisa ditularkan secara langsung dari hewan ke manusia. Akan tetapi, anda bisa tertular penyakit ini melalui kutu anjing/kucing yang telah terinfeksi.

Penyakit lyme sendiri bisa diketahui dari beberapa gejala yang ada seperti ruam berwarna merah, demam, sakit kepala, nyeri otot dan nyeri sendi. Ketika anda terkena jenis penyakit ini, anda harus segera mengobatinya. Sebab, jika dibiarkan, maka dapat menyebabkan masalah yang lebih serius.

Itu hanya sebagian kecil penyakit yang bisa ditularkan oleh hewan peliharaan, masih ada banyak jenis penyakit lainnya, seperti cacing pita, cacing tambang & cacing gelang, tokso, psittacosis dan lain sebagianya.

Supaya terhindar dari penyakit tersebut, maka langkah yang paling tepat adalah terus menjaga kebersihan dan kesehatan hewan peliharaan anda.